Rabu, 07 November 2018

Budaya Literasi kini dan nanti


Pengertian Literasi adalah kemampuan seseorang dalam mengolah dan memahami informasi saat melakukan proses membaca dan menulis. Dalam perkembangannya, definisi literasi selalu berevolusi sesuai dengan tantangan zaman. Jika dulu definisi literasi adalah kemampuan membaca dan menulis. Sejarah mencatat, budaya literasi merupakan motor dari terciptanya suatu peradaban dan kemajuan bangsa. Para pendiri bangsa ini juga memiliki kegandrungan yang luar biasa terhadap buku.

Belajar dari sejarah peradaban besar, menggiatkan budaya literasi sesungguhnya dapat mendorong tumbuhnya inovasi baru dalam perkembangan ilmu pengetahuan. Saat ini isu literasi juga telah menjadi isu global, apalagi sekarang komunikasi antarbangsa sudah demikian lancar, ditambah lagi dengan transportasi modern yang memungkinkan penduduk dunia berpindah-pindah secara cepat.

Alfi Syahriyani dalam dalam artikel jurnalnya yang berjudul Optimalisasi Budaya Literasi : Upaya Membangun Peradaban Negeri, menjelaskan bagaiman mengoptimaliasasi budaya literasi dapat membangun peradaban suatu negeri lebih baik dan maju lagi.

Anda dapat mengunduhnya melalui link berikut:
http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/35104
https://www.google.com/amp/s/www.dkampus.com/2017/05/pengertian-literasi-menurut-para-ahli/amp/
http://wicaksononya.blogspot.com/p/repository-uin-jakarta.html?m=1



Tidak ada komentar:

Posting Komentar