Sabtu, 01 Desember 2018

Nata si Duta Koperasi Banten


Natasha Aulia usia 19 tahun, mahasiswi Jurusan Agribisnis Fakultas Sains dan Teknologi (FST) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, pada 25 Oktober 2018 lalu memenangkan sebagai Duta Koperasi Provinsi Banten tahun 2018. Natasha berhasil menjadi pemenang dan menyisihkan ratusan peserta lain dari kota dan kabupaten yang berbeda, Provinsi Banten mengadakan lomba yang diadakan di Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kecil Menengah atau biasa disingkat UMKM di Provinsi Banten. Natasha pun berhak mendapatkan uang pembinaan sebesar Rp. 5 juta beserta tropi dan sertifikat sebagai pemenang dalam Lomba Koperasi Provinsi Banten.

Mahasiswi yang sering disapa Nata ini pun sangat bangga, dan bersyukur atas kerja kerasnya karna menjadi pemenang dan diberi gelar Duta Koperasi di tingkat Provinsi Banten. Karna telah menyisihkan beberapa finalis lainnya dalam ajang pencarian Duta Koperasi tersebut. Namun dengan semangat yang tinggi Nata pun berhasil memenangkan dan menyisihkan semua kompetitornya dan keluar menjadi juara. Menurut Nata, pesaingnya tidak hanya dari mahasiswa semata, namun dari kalangan umum dan juga dari unsur dosen. Bahkan banayak yang sudah memperoleh pengalaman dalam bidang mengelola koperasi di daeranya itu sendiri.
Nata memiliki kesibukan di dunia koperasi seakan sudah menjadi salah satu rutinitasnya, kini nata aktif dalam pengurus Koperasi Mahasiswa (Kopma) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, wanita asal Depok Jawa Barat ini juga aktif mempromosikan dan memberikan penyuluhan tentang koperasi dikalangan milenial yang biasanya terpaku pada gawai.
            Usaha yang dikembangkan bekerjasama dan berkolaborasi dengan dinas koperasi dan UMKM lainnya di kota ataupun daerah. Usaha yang akan dicapai yaitu membuat koperasi duta, membuat coop-platfom, serta edukasi mengenai koperasi. Selain itu membuat rebranding koperasi dengan memaksimalkan meda sosial, sebagai cara promosi agar mahasiswa ataupun mahasiswi dan kalangan milenials tertarik akan usaha dikoperasi. Salah satu cara promosi dengan menggunakan youtube untuk membuat film pendek bejudul coop start up.
Harapan yang akan datang, Nata berharap mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah Jakarta makin mengenal yang dinamakan koperasi dengan baik, hal ini agar mahasiswa – mahasiswi bisa berwirausaha dan berjiwa bisnis. Karna koprasi dapat menyejahterakan diri melainkan secara masyarakat luas. Prinsipnya koprasi itu asyik, menyenangkan dan sangat milenials. Melali kperasi siapapun bisa bikin usaha dengan sistem kerjasama. “berkorasi itu tak hanya Cuma menyejahterakan diri tapi juga punya nilai sosial tinggi dan bahkan menjadi ciri serta jati diri bangsa indonesia” pungkas Nata.
Info lebih lanjut bisa klik : 
https://www.uinjkt.ac.id/id/natasha-aulia-duta-koperasi-provinsi-banten-2018/




2 komentar: