Rabu, 05 Desember 2018

Konsinyering Analisis Framework dan Manual AIUA-QA

Pada 2015 Asosiasi Universitas Islam Asia (AIUA) mengembangkan kerangka  sistem jaminan kualitas Islam dalam meningkatkan standar akademik dan meningkatkan pendidikan, penelitian dan layanan yang sesuai dengan standar internasional (AIUA-QA). AIUA-QA bertujuan memberikan sertifikasi penjaminan perguruan tinggi kepada perguruan tinggi Islam di Asia.

Framework digunakan untuk mengacu pada strategic QA (institusional), systemic QA (Internal QA system), functional QA (education, research dan service). Untuk mematangkan konsep Framework Asosiasi Universitas Islam Asia (AIUA-QA) UIN Syarif Hidayatullah Jakarta mengadakan konsinyering analisis framework dan manual AIUA–QA. Acara berlangsung selama 3 hari, dari tanggal 29- 31 Agustus 2018 di Bogor Indah Nirwana, Puncak, Bogor.
Pada haru pertama Pembukaan Konsinyering oleh Wakil Rektor I UIN Syarif Hidayatullah Jakarta, Dr. Fadhilla Suralaga, MA dilanjutkan pembahasan dan sharing  tentang   Overview of the Agenda and its relation to TOA, and Piloting of the Institutional QA Assessment of AIUA dengan narasumber Dr. Muhammad Fakhri Husain (UIN Yogyakarta) dan Tim sharing Dr. Kusmana, Dr. Suparto, Dr. Euis Amelia, Edi Sanjaya, MA 
Untuk AUN dengan AIUA memiliki kemiripan bentuk yaitu penilaian yaitu berupa assessment (penilaian) dan bukan akreditasi seperti yang dilakukan oleh BAN-PT. Kejelasan Framework nilai-nilai keislaman menjadi stressing pemahasan. Selain itu membahas tentang persyaratan Assesor AIUA-QA. Dan agenda selanjutnya adalah adalah perekrutan dan Training Assessor AIUA-QA yang dijadwalkan pada pertengahan bulan Oktober. Penutupan acara oleh Wakil Rektor I UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Dr. Fadhilla Suralaga.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar