Minggu, 02 Desember 2018

Perpustakaan SDI Al-Azhar 20 Cibubur



Perpustakaan Sekolah merupakan semua perpustaaan yang ada atau diselenggarakan disekolah baik itu sekolah baik itu sekolah dasar, sekolah menengah pertama, sekolah menengah atas sampai sekolah lanjutan seperti pergruan tinggi. Perpustakaan sekolah berguna untuk menunjang proses belajar baik itu siswa yang berada di sekolah dasar atau sekolah lanjutan.

Perlu diingat bahwa pengaruh perpustakaan sekolah dalam proses belajar mengajar sangat tergantung pada kemampuan perpustakaan dalam menjalankan fungsinya serta adanya usaha siswa untuk memperoleh informasi melalui perpustakaan karena disinilah adanya hubungan timbal balik antara siswa dan perpustakaan tersebut yaitu siswa mempunyai kebutuhan dalam memperoleh informasi itu dapat diperoleh dan dipenuhi oleh perpustakaan, selain itu perlu adanya perhatian sekolah untuk meberdayakan perpustakaan sekolah dengan segala penunjang yang dibutuhkan serta kerja sama dengan guru untuk memotivasi siswa menggunakan perpustakaan sekolah sebagai sumber belajar, baik dengan memberikan tugas yang datanya ada diperpustakaan dapat menjadi referensi bagi siswa. Dengan demikian akan menumbuhkan minat baca sehingga mereka dapat bekerja menjadi individu yang gemar membaca dan dapat menggali informasinya dari buku dan bahan bacaan lainnya.
Perpustakaan berdiri sejak gedung sekolah SDI Al-Azhar 20 Cibubur dibangun pada tahun 1997 berada di area tengah disamping ruang kelas dan masjid kala itu, sama seperti halnya perpustakaan menyediakan tempat bacaan, koleksi dan sarana penunjang perpustakaan lainnya dan pada tahun 1997 pula dalam pembangunan gedung perpustakaan tidak melibatkan pustakawan karna gedung perpustakaan kala itu ingin dijadikan tempat ruang guru.
Pada tahun 2011 YPI Al-Azhar 20 Cibubur bersama Yayasan Barul Ulum bekerjasama membuat gedung baru yang terletak didepan sekolah untuk membangun perpustakaan sebagai mana mestinya dan melibatkan pustakawan didalamnya untuk meracang design dan menata tata ruang dan membeli sarana design interior melibatkan pustakawan yang bernama ibu Nur, pustakawan yang dilibatkan. Namun beliau sudah dimutasi di SMP Al-Azhar 19 Cibubur sebagai pustakawan. Pustakawan saat ini dari 2015 oleh Bapak Ibahim beliau pustakawan sekaligus merangkap sebagai guru Library yang mengajarkan literasi di sekolah. Dan sampai sekarang setiap tahunnya perpustakaan direnovasi seperti pengecatan dinding dan menambah sarana.
Dalam sistem layanan yang diterapkan di Perpustakaan Kota Yogyakarta adalah sistem layanan terbuka (Opern Access), hal ini dimaksudkan agar pemustaka dapat mengakses langsung informasi dan koleksi yang dibutuhkan. Untuk mempermudah pencarian atau penelusuran koleksi di rak, perpustakaan menyediakan komputer katalog atau biasa disebut OPAC (Online PublicAccess Cataog) dengan menggunakan software Teratama Library Support System, dari Yogyakarta sejak tahun 2009 pelayanan diberikan tidak hanya untuk didalam Perpustakaan disekolah, namun bisa diakses dirumah, karna ini program lepas yang dibeli sekitar 20 juta untuk otomasinya.
Dalam kegiatan keanggotaan perpustakaan, yang menjadi anggota Perpustakaan adalah siswa dan siswi SDI Al-Azhar 20 Cibubur. Jika sudah terdaftar menjadi anggota Perpustakaan, pemustaka dapat meminjam buku maksimum 2 buku ataupun koleksi lainnya dengan syarat lama peminjaman 3 hari dan dapat diperpanjang, jika terlambat dalam peminjaman dikenakan denda 1 buku Rp. 500,. Dan peminjaman menggunakan kartu ID card yang telah difasilitasi oleh sekolah dengan menggunakan NIS (Nomer Induk Siswa). perpustakaan yang dibuat senyaman mungkin membuat siswa sangat antusis dalam menumbuhkan semangat belajar yang menyenangkan, dan suasana yang berwarna – warni membuat suasana keceriaan belajar terangun semenarik mungkin.

Info lebih lanjut kunjungi link :
https://m.facebook.com/media/set/?set=a.296864497033577.79354.148301455223216&type=3



Tidak ada komentar:

Posting Komentar